Parlemen 

Komisi I Dorong TNI-Kemenhan Modernisasi Alutsista Korps Marinir

Jakarta,GARISDEPAN-Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Korem 051/Wijayakarta, rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPR RI Mutiah Hafidz beserta ketua Tim wakil ketua komisi I, H. Bambang Kristiono,S.E., bersama 15 anggota tim komisi yang diterima langsung oleh Danrem 051/Wkt Kolonel Inf. Susilo beserta para Staf di lobby Makorem 051/Wkt, Cikarang, Bekasi, Kamis (12/12), lalu.

Danrem 051/Wkt dalam sambutanya mengatakan kami mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Komisi I DPR RI bersama rombongan di Makorem 051/Wkt.

“Selaku pribadi maupun atas nama Komandan Korem 051/Wkt, saya menyampaikan ucapan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Komisi I DPR RI, atas kedatangannya di Korem 051/Wkt,” kata Danrem.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh para Dandim jajaran, para Kasi serta Kabalak Korem 051/Wkt, yang tentunya perlu mendengar penjelasan langsung dari Tim Komisi I DPR RI.

Korem 051/Wkt dan jajarannya sebagai aparat komando kewilayahan dibawah komando Kodam Jaya/Jayakarta yang meliputi Kodim 0504/JS, Kodim 0504/JT, Kodim 0507/Bekasi, Kodim 0508/Depok dan Kodim 0509/Kab. Bekasi, dengan lingkup wilayah yang sangat luas secara geografis dan merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara Jakarta.

Dalam menjalankan tugasnya, Korem 051/Wkt beserta jajaran, baik Satkowil maupun Satpur memiliki beberapa persoalan atau kendalanya meliputi jumlah kekuatan personel, kesiapan alutsista, dan persoalan perumahan atau pangkalan. Maka berbagai kelengkapan dan kesiapan yang ada pada Korem 051/Wkt masih perlu mendapat perhatian.

Demikian juga jumlah personel yang dibutuhkan masih belum tercukupi. Terkait Alutsista, jumlah dan kondisi senjata, amunisi, kendaraan bermotor, alat optik, alat komunikasi belum sesuai dengan TOP/DSPP. Kondisi sarana prasana pangkalan atau perumahan prajurit masih kurang.

“Pada aspek peran Korem 051/Wkt dalam mendukung program pembangunan di wilayah dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD. Terkait hal ini, peran yang dijalankan adalah bagian dari tugas-tugas TNI dalam konteks operasi militer selain perang. Peran-peran yang dilakukan dalam mendukung program pembangunan, seperti program pendidikan, bakti sosial dan lain sebagainya atau yang dikenal dengan sebutan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD),” papara Kolonel Inf. Susilo.

Kolonel Susilo berharap melalui kunjungan kerja Komisi I DPR RI ini dapat memberikan inspirasi, motivasi dan solusi bagi jajaran Korem 051/Wkt khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta memantapkan kesadaran, berbangsa dan bernegara.

Rangkaian kegiatan kunjungan hari ini dilanjutkan dengan rapat dengar pendapat, dalam kesempatan tersebut diawali sambutan dari ketua rombongan yang menyampaikan bahwa agenda kali ini dalam rangka Program Kerja Komisi I DPR RI guna menjaring informasi yang nyata dilapangan untuk dijadikan bahan pengajuan kepada pemerintah sesuai bidang kerja Komisi I Pertahanan dan Keamanan.

Komisi I DPR RI mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk melakukan penambahan dan modernisasi alutsista (alat utama sistem senjata) Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL). Untuk itu, Komisi I DPR RI menegaskan akan terus memperjuangkan peningkatan anggaran untuk Korps Marinir. Terlebih, Korps Marinir saat ini memiliki beban tugas baru, yaitu di bidang kemanusiaan.

Pemaparan tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, saat memimpin Tim Kunjungan Lapangan (Kunlap) Komisi I DPR RI meninjau kesiapan personel dan material Korps Marinir di Markas Korps Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019). Turut mendampingi Komisi I DPR RI yaitu Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono.

 “Ada evaluasi dari Komisi I yaitu rekomendasi penambahan kelengkapan peralatan yang kami lihat masih banyak kekurangan. Mengingat, saat ini Korps Marinir beserta seluruh jajarannya tidak hanya membantu dalam tugas pokok TNI tapi juga sektor kemanusiaan yang langsung dirasakan masyarakat dalam penanggulangan bencana. Sehingga, tentu kita berkoordinasi dengan TNI maupun juga Kemenhan untuk kemudian meningkatkan anggaran terutama bidang kelengkapan peralatan,” jelas Meutya.

 Selain itu, pada kesempatan yang sama Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menyatakan akan segera melakukan evaluasi-evaluasi usai ia memberikan data secara lengkap kondisi di tubuh Korps Marinir kepada Komisi I DPR RI dan juga Pemerintah. Terutama, kondisi kesiapan personel maupun material yang ada di Korps Marinir

  “Tentunya, karena memang Komisi I DPR RI memang mitra Pemerintah, TNI khususnya dalam bidang pertahanan. Sehingga, memang kami harapkan melalui Komisi I DPR RI ada rekomendasi-rekomendasi adanya modernisasi alutsista atau penambahan yang sekarang ada di Korps Marinir dengan segala keterbatasannya,” pungkas Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. (gd1)

Related posts

Leave a Comment