Duh..!!! 13 Persen Penderita HIV/AIDS di NTB Karena Homoseksual

garisdepan.id – Data terakhir Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) NTB menyebutkan jumlah penderita HIV/AIDS di Nusa Tenggara Barat. Mencapai angka 2.021 orang.

Sebarannya di Kota Mataram (611), Lombok Barat (339), Kabupaten Lombok Tengah (241), Kabupaten Lombok Timur (329), Kabupaten Lombok Utara (45), Kabupaten Sumbawa Barat (79), Kabupaten Sumbawa (115), Kabupaten Dompu (51), Kabupaten Bima (136), dan Kota Bima 69 orang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala KPA Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Soeharmanto, di Mataram, Jumat (12/6/2020).

“Ada 263 pelaku homoseksual yang telah terjangkit HIV/AIDS. Jumlahnya 13 persen dari total kasus HIV/AIDS di NTB,” katanya.

Hubungan seks sesama jenis, menurut dia, merupakan penyebab penularan HIV/AIDS tertinggi kedua setelah hubungan heteroseksual tidak aman di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Ia menambahkan, menurut hasil survei perihal lelaki seks dengan lelaki tahun 2019 di Kota Mataram menunjukkan bahwa di antara 230 pelaku hubungan seks sesama jenis yang disurvei, ada 17 orang yang positif HIV/AIDS dan 30 orang yang terjangkit penyakit infeksi menular seksual.

 “Di tahun 2019, terdapat 25 orang meninggal,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran keluarga dan orang tua dalam mendidik anak-anak guna menghindarkan mereka dari penularan HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. (gd02)

Tags:
Previous Post

Laptop Untuk Youtuber Pemula

Next Post

Paket Pathul-Nursiah Minta Restu Pimpinan Yatofa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Paket Pathul-Nursiah Minta Restu Pimpinan Yatofa