Ekonomi & Bisnis

UMKM Diminta Manfaatkan Peluang Penjuangan Daring

garisdepan.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) salah satu dari banyak pihak yang merasakan dampak negatif dari mewabahnya Covid-19.

“Pandemi Corona ini memang membuat situasi serba tidak pasti, tapi bagaimanapun kita harus tetap kuat dan mampu bertahan. Apalagi UMKM kita sangat terdampak,” kata HBK di sela-sela meninjau salah satu pelaku UMKM di Kota Mataram, Sabtu (13/8/2020).

Di masa pandemi ini, salah satu yang terkena imbasnya adalah UMKM. Yang biasanya bekerja 20 orang, sekarang hanya bisa beberapa orang saja yang dipekerjakan, bahkan ada beberapa yang akhirnya memilih menutup usahanya, lanjutnya.

Menurutnya, UMKM harus kreatif dan mampu mencari cara untuk tetap bertahan. Politikus Partai Gerindra ini mengatakan UMKM harus belajar beradaptasi dengan berbagai perubahan pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Salah satunya memanfaatkan dan  memaksimalkan penjualan melalui platform daring. Cara tersebut, ia nilai mampu memperluas pasar produk dan meningkatkan penjualan.

“Seperti ini yang kita harapkan, UMKM bisa mengambil kesempatan yang ada di balik tantangan yang dihadapi, dengan menggunakan jaringan internet,” ujarnya.

Lastri Humaini, salah satu pelaku UMKM yang ditemui oleh HBK mengaku sudah merintis pemasaran secara daring sejak awal 2019 lalu. Cara tersebut ia nilai mampu memperluas pasar produk.

“ Saya sudah merintis pemasaran secara daring sejak 2019 lalu, namun saat itu saya belum fokus berjualan secara daring. Setelah pandemi, peluang bisnis daring terbuka lebar,” ujar Lastri.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini pun mengapreasiasi hal-hal baru yang dilakukan oleh pelaku UMKM. Menurutnya, UMKM di Pulau Lombok sudah cukup maju dalam memanfaatkan dunia digital.

“Saya meminta kepada para pelaku UMKM untuk tidak pernah puas dan tidak berhenti berinovasi. Mari jadikan pandemi covid-19 ini sebagai peluang untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan usaha,” pungkas HBK yang juga seorang pengusaha sukses ini. (gd02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Semangat Generasi Baru

Facebook

Arsip

Copyright © 2015. Theme created for GarisDepan.ID, powered by Wordpress.

To Top