Harmony Pandamai, Cara Anak Muda NTB Serukan Perdamaian di Tengah Pandemi

garisdepan.id – Peringatan Hari Perdamaian Internasional 2020 di Pulau Lombok berlangsung meriah.
Acara bertajuk “Harmony Pandamai” digelar oleh Duta Damai NTB bekerjasama dengan Komunitas Literasi, Kampoeng Baca Pelangi, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (20/9/2020).
Koordinator Regional Duta Damai NTB, Yundari Amelia Chandra mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, Duta Damai NTB membagikan faceshield dan hand sanitizer sebelum peserta memasuki lokasi acara. Selain itu, kegiatan yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat ini dikawal oleh Bhabinkamtibmas Dusun Merce Timur, Bapak Firman J. E. Dan Babinsa, Bapak Saeful.
Sebelumnya Marching Band MA NW Mercamada telah ditabuh sebagai penanda acara akan dimulai, juga dilakukan live mural pada tembok sepanjang 13 meter oleh beberapa komunitas, seperti Erkaem, Tastura Art Community, dan lainnya. Kemudian acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan, dan pelepasan merpati secara serentak oleh tokoh masyarakat, Ketua panitia acara, Solehuddin dan Founder Kampoeng Baca Pelangi, Taufik. Setelah itu, ditampilkan pantomim dari mime Lombok yang menghipnotis para peserta, dengan gerakan tubuh yang epic.
Animo para peserta, terutama anak-anak sangat terlihat jelas pada acara Harmony Pandamai ini, hal tersebut membuat barisan peserta mengular disepanjang jalan lokasi acara. Tetapi seluruh peserta tertib dan mematuhi protokol kesehatan.
Peserta yang didominasi oleh anak-anak juga diasupi pesan perdamaian melalui kegiatan mewarnai bersama yang bertema toleransi dan perdamaian. Apresiasi kepada peserta mewarnai ditunjukan dengan pemberian bingkisan dan foto hasil karya di atas panggung.
Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar damai yang merupakan rutinitas Duta Damai NTB setiap melakukan kegiatan bersama. Pembacaan ikrar damai dilakukan oleh Amel dan Cepot selaku perwakilan dari Duta Damai NTB. Pembacaan puisi, monolog dan pentas musik menjadi rentetan acara selanjutnya.
Harmony Pandamai ditutup dengan Screening film bersama dengan komunitas film, Fikers Project.
Dirinya berharap, dengan adanya semoga pesan damai dapat disusupkan pada masyarakat terutama anak-anak sejak dini. “Ini acara serentak yang digelar badan Nasional penanggulangan terorisme (BNPT) di 14 provinsi se Indonesia, di harapkan semua pihak lebih memahami lagi bagaimana arti toleransi dan penerapannya dalam berkehidupan bermasyarakat,” ucapnya.
Tak lupa dirinya mengucapkan terimakasih kepada Komunitas Kampoeng Baca Pelangi, sebagai fasilitator dan partner acara, serta seluruh talent pendukung acara Harmony Pandamai.

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares