Ekonomi & Bisnis

Bioskop XXI Kembali Dibuka, Perhatikan Syarat Menonton Saat Pandemi

garisdepan.id – Pemerintah Kota Mataram mengumumkan akan memberikan izin untuk dibukanya kembali bioskop. Memang selama pandemi Corona semua tempat wisata dan hiburan terpaksa ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

“Jika tidak ada kendala, Bioskop XXI Mataram dijadwalkan mulai buka pada Rabu (28/10/2020),” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi kepada wartawan di Mataram.

Denny melanjutkan, pembukaan kembali operasional bioskop tersebut atas pertimbangan masyarakat Kota Mataram sudah jenuh karena kurang hiburan selama pandemi COVID-19. Dan diharapkan mampu perekonomian bisa bergerak semakin baik.

Tentu saja pembukaan bioskop disertai dengan pemberlakukan peraturan dan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Selama operasional nantinya jumlah penonton dibatasi 50 persen dari kapasitas yang ada.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan melalui 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus diterapkan secara ketat. Pihaknya bersama Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kota Mataram, akan melakukan pengawasan secara intensif.

“Jika ternyata dalam pelaksanaanya, pihak pengusaha terbukti tidak mentaati protokol kesehatan COVID-19, kita bisa memberikan sanksi menutup kembali operasional mereka,” katanya.

Dikutip GarisDepan.id dari postingan akun Instagram @pandemitalks menjelaskan bahwa hal yang harus jadi perhatian ketika menonton bioskop adalah mematuhi protokol ventilasi.

Alasannya, karena ventilasi udara di ruang tertutup sangat buruk dan apabila diam dalam waktu lama maka akan sangat rawan terjadi Super-Spreader Events melalui droplets dan aerosol.

Super-Spreader merupakan istilah yang merujuk pada satu orang terinfeksi yang akhirnya menyebarkan penyakit ke sejumlah besar orang dan seringkali tidak disadari.

“Jauhi bioskop bagi yang tidak paham dan tidak menerapakan Protokol VDJ” tulis akun @pandemictalks.

Dalam akun tersebut juga, tertulis mengenai risiko yang tinggi akan penyebaran virus corona di dalam bioskop. Maka dari itu, kalian harus tahu hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk pergi ke bioskop. (gd01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Semangat Generasi Baru

Facebook

Arsip

Copyright © 2015. Theme created for GarisDepan.ID, powered by Wordpress.

To Top