Athar : Ada MotoGP, Pikirkan Aspek Ini!

Lombok Tengah,GARISDEPAN-Setelah Dorna Sport menandatangani putaran MotoGP seri Indonesia di Pulau Lombok. Pada 2021-2023 balap motor bergengsi ini bakal dihelat di ITDC Mandalika.

Caleg Partai Perindo asal Lombok Tengah, Lalu Atharifatullah memberi pandangan. Bukannya tidak bangga dengan hadirnya sirkuit Motor GP di NTB yang akan di bangun di Kawasan Ekonomi Khusus Kuta Mandalika Lombok Tengah. Perlu diperhatikan sedini mungkin, sebelum semua terwujud.

“Euforia sah-sah saja. Bangga, ingat juga beberapa hal ini,” katanya, Senin (25/2).

Pertama, soal nama sirkuit. Sekarang yang dikenal adalah Mandalika. Padahal semestinya mengambil nama wilayah misalnya Sirkuit Kuta Lombok atau Kuta Mandalika. Jangan hanya terpengaruh cerita fiksi soal “Mandalika”.

“Belajarlah dari nama bandara. Supaya ke depan tak ada pro dan kontra,” ujarnya.

Hal kedua, Caleg DPRD Provinsi NTB ini mengurai, hadirnya sirkuit ini harus memperhatikan dampak langsung terhadap masyrakat. Perlu ada jaminan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah berapa persen. Efek domino harus dikaji betul.

“Sebab event ini bukan kelas balapan yang biasa kita lihat di jalanan yang bisa di akses langsung oleh masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Athar, bagi penikmat dan yang hobi menonton MotorGP, ini investasi triliunan, darimana sumber uang itu. Sistem pembagian keuntungan sebagai income daerah harus jelas.

“Jangan sampai kita dapat asap motor dan sebatas pelangak-pelongok saja untuk sekedar euforia yang tak bertuan tadi,” ucapnya.

“Setiap investasi perlu di kaji secara detail dan cermat untuk studi kelayakannya. Mengambil pilihan investasi yang pas dan cocok,” sambungnya.

Ditambahkan Athar, yang terpenting dari pembangunan adalah dapat mewujudkan kesejahteraan masayarat menengah ke bawah. Jangan sampai jarak antara si kaya dan si miskin kian jauh. Pembangunan sirkuit ini bukan infrastruktur kebutuhan masyarakat, namun murni kepentingan bisnis to bisnis yang sudah pasti akan memberikan kebermanfaatan kepada pelaku itu sendiri.

“Tetap jangan abaikan masyarakat sekitar. Mereka juga ingin ikut menikmati kesuksesan dari gelaran MotoGP,” tegasnya.(lia)

Tags: Lombok, MotoGP Lombok, Sirkuit Mandalika

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares