Bagasi Bayar, Oh Tidak!

Mataram,GARISDEPAN-Penumpang pesawat saat ini harus mengelus dada. Selain harus membayar tiket yang sedikit lebih mahal, mereka harus bersiap untuk membayar biaya bagasi. Kisah ini disampaikan penumpang yang baru tiba dari Yogyakarta.

“Kalau dahulu bayarnya untuk kelebihan bagasi, sekarang bayar untuk semua,” kata Ayu, Selasa (5/2).

Dijelaskan, untuk penerbangan dari Yogyakarta menuju Lombok, tiap satu kilogram bagasi penumpang harus membayar Rp 31 ribu. Banyak diantara penumpang berusaha mengakali pembayaran bagasi ini. Sayangnya, pihak Bandara Adisucipto, Yogyakarta cukup ketat.

“Ada yang memaksa bawa koper masuk, dihentikan. Setelah ditimbang diminta balik lagi untuk masuk bagasi,” sambungnya.

Diakuinya, penerapan di awal bagasi berbayar ini masih belum sepenuhnya diterima oleh penumpang. Beberapa terlihat syok dengan biaya bagasi yang dikeluarkan. Ada yang sampai membayar harga bagasi lebih mahal daripada tiket pesawat.

“Tagihan bagasi sampai jutaan. Itu kan mengagetkan sekali, mau ditinggal sudah tak mungkin” bebernya.

Senada salah satu sopir travel di Lombok, Budi menyebut, sejumlah penumpang yang diantarnya mengeluhkan hal yang sama. Aturan bagasi berbayar membuat penumpang harus mengeluarkan biaya lebih.

“Rata-rata penumpang mengeluh begitu. Repot sekarang ini, tidak bisa bawa barang banyak,” katanya.

Diakuinya, para penumpang yang sudah terlanjur membawa bagasi banyak, tidak ada pilihan selain bayar. Para penumpang mulai berpikir membawa barang dalam jumlah banyak. Cara mengakali tentu membawa barang sedikit saat bepergian.

“Ada yang bilang, kalau biaya bagasi lebih mahal dari kirim barang lewat jasa pengiriman barang,” imbuhnya.(kun)

Tags: Bagasi, Pemerbangan, Pesawat, Politik

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 shares