Bukalapak Kenalkan Teknologi AI di Sistem Rekomendasi Produk

Jakarta,GARISDEPAN-Pertengahan 2019 ini teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus mengalami perkembangan. Pelbagai industri saat ini sudah banyak yang memanfaatkan AI demi membantu mendorong pertumbuhan bisnisnya.

Bukalapak, salah satu startup asli Indonesia yang bergelar unicorn ini ternyata sejak lama sudah mengembangkan dan mengimplementasikan AI di berbagai lini bisnis e-commerce-nya.

Ibrahim Arief, VP of Engineering, Bukalapak mengatakan bahwa salah satu implementasi AI untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk.

“Jika pelanggan melihat halaman aplikasi Bukalapak akan ada daftar produk-produk yang direkomendasikan untuk mereka. Di sinilah peran AI membantu memberikan rekomendasi produk-produk secara otomatis sesuai preferensi pelanggan,” ujar Ibrahim.

Diakuinya hingga saat ini, penerapan teknologi AI sudah berdampak positif di berbagai aspek bisnis.

Beberapa di antaranya seperti membantu memberikan rekomendasi produk-produk yang lebih relevan ke pengguna, membantu menyaring gambar-gambar produk yang tidak aman untuk ditampilkan, dan sebagainya.

“Sebagai bentuk hasilnya, teknologi AI telah berkontribusi pada transaksi pembelian sebesar Rp300 milyar per bulan,” kata Ibrahim.

Melihat besarnya dampak positif yang dihasilkan teknologi AI, Bukalapak pun terus melakukan pengembangan terhadap teknologi ini.

Diungkapkan Ibrahim, fokus pengembangan saat ini ada di empat domain utama, yaitu Recommender System, Computer Vision, Natural Language Processing (NLP), dan Scoring.

Namun demikian, dijelaskan bahwa pada dasarnya Bukalapak juga terbuka dengan domain apapun, selama dapat memenuhi kebutuhan para pengguna dan meningkatkan kenyamanan pengguna (customer experience).

Lantas apa lagi rencana ke depan pengembangan AI? Ibrahim menjelaskan bahwa Bukalapak berkomitmen untuk mengembangkan teknologi ini secara komprehensif dari hulu ke hilir.

“Kami ingin AI mampu berkontribusi lebih signifikan di berbagai aspek produk dan layanan yang kami miliki. Dengan teknologi AI yang lebih maju, kami berharap inovasi produk dan layanan Bukalapak akan terus meningkat pula sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutur Ibrahim. (rd8)

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares