Debat Pertama, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Makin Unggul

Mataram,GARISDEPAN-LSI Denny JA melansir respon publik dan efek elektoral capres dan cawapres 2019. Dari data survei diketahui ada 50,6 persen yang menonton debat pertama.


Pengumpulan data yang dilakukan mulai 18-25 Januari 2019 dengan multistage random sampling, margin error 2,8 persen memberi penilaian pemenang debat itu adalah pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dengan raihan 50 persen. Sementara pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 persen. Sisanya 14,6 persen belum memutuskan. 


Dari enam dimensi debat, Prabowo-Sandi hanya mendapat skor satu. Sisanya lima sesi dimenangkan oleh Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Debat sesi pertama dinilai memberi pengaruh cukup kuat pada publik. Dimana 82,1 persen menyatakan tak akan mengubah pilihan.


Debat pertama ini memberi pengaruh pada pemilih, dari yang belum menentukan pilihan akhirnya menentukan pilihan. Dari memilih calin menjadi tidak memilih calon. Dari memilih Prabowo-Sandi menjadi memilih Jokowi-Ma’ruf. Dan dari memilih Jokowi-Ma’ruf, beralih ke Prabowo-Sandi.


Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf pada Desember 2018 mencapai 54,2 persen, setelah debat naik menjadi 54,8 persen. Pun demikian dengan Prabowo-Sandi, naik dari 30,6 persen menjadi 31 persen. Secara umum elektabilitas Jokowi-Ma’ruf masih unggul 20 persen dibanding Prabowo-Sandi.(ary)

Tags: Jokowi, Politik, Sandiaga Uno, Survei

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares