Dikbud NTB Ajak Siswa Lawan Narkoba

Mataram,GARISDEPAN.ID-Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari berbagai sekolah di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti kegiatan Flash Opini bertajuk “NTB Gemilang Tanpa Narkoba” yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB di Ballrom Cinderawasih Hotel Puri Indah Mataram, pada Sabtu (2/11).

“Kita ingin siswa berani berpendapat dan terlibat aktif terhadap upaya-upaya pemberantasan narkoba,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud NTB yang mewakili kepada dinas, Fairuzabadi dalam sambutannya.

Kegiatan flash opini ini dimaksudkan  guna mendorong siswa untuk memberikan pendapat mereka terhadap upaya pemberantasan narkoba di NTB.

Narasumber dari pihak kepolisian hadir Kepala Bagian Pengawasan dan Penyidikan (Wassidik) Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda NTB Kompol I Ketut Sukarja, S.H., perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB Denny Priady, S.Sos., dan Redaktur kicknews.today M. Tajir.

Kompol I Ketut Sukarja, S.H dalam materinya memaparkan perkembangan fenomena dunia narkoba, mulai dari jenis-jenis narkoba, pola dan sasaran peredaran hingga tantangan yang dihadapi pihak Kepolisian. Termasuk juga data jumlah pelajar di NTB yang terdampak narkoba.

“Hidup ini indah, jangan dirusak dengan narkoba,” ucapnya.

Dari BNN NTB Denny Priady menyampaikan pentingnya penanganan terhadap korban kasus narkoba. Ia juga banyak bercerita tentang kasus-kasus narkoba yang terjadi di berbagai tempat akhir-akhir ini. Menurutnya kalangan milenial adalah target utama para pengedar.

“Jadi, peredaran narkoba tidak pandang bulu. Terutama yang jadi sasaran adik-adik ini,” ungkapnya.

Di sesi tanya jawab para siswa yang sejak awal mengikuti setiap materi dengan tertib, juga diberikan kesempatan menyampaikan uneg-uneg mereka seputar narkoba, peredaran, dan bahaya atau efek negatifnya.

Tidak berhenti sampai di situ, para siswa yang telah mendapat materi tentang narkoba itu, selanjutnya dilatih dan dibimbing untuk dapat mendeskripsikan dalam bentuk opini Redaktur kicknews.today M. Tajir Asyjar yang kebagian sebagai pemateri, memberikan penjelasan bagaimana menulis opini di media massa khususnya di media online.

Tajir menjelaskan detail proses lahirnya sebuah opini, hingga bagaimana agar hasil karya berupa opini dapat terpublis di media pemberitaan. Selain itu, ia juga mendorong agar para siswa membiasakan diri, untuk menulis dan membaca.

“Wajibkan diri adik-adik untuk membaca walau hanya sebaris setiap hari. Pada saatnya nanti, adik-adik tidak akan mampu memejamkan mata sebelum membaca,”pungkasnya.

Di akhir kegiatan yang digelar Dikbud NTB itu, dilakukan penilaian terhadap tulisan opini hasil karya para peserta, untuk mengetahui peserta terbaik pertama hingga ketiga. (gd1)

Tags: BNN, Dikdub, Fairuz, Narkoba, NTB

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares