Lutfi Minta Anak Muda Sentuh Industri Kreatif

Lotim,GARISDEPAN-Perkembangan industri kreatif di Indonesia sebuah keniscayaan. Tak ada jalan lain, anak muda harus masuk dan mengembangkan industri kreatif.

“Di kota-kota besar anak muda itu tak lagi mengincar jadi pegawai negeri saja,” kata HM Syamsul Lutfi, (30/1).

Calon legislatif (Caleg) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dapil Pulau Lombok Nomor Urut 8 ini menjelaskan, anak muda di Pulau Lombok harus mulai menyentuh industri kreatif, mengingat ke depan Pulau Lombok akan berkembang pesat dari sisi pariwisata maupun perekonomian kawasan.

“Apalagi ketika kawasan Mandalika benar-benar jalan. Akan banyak tenaga kreatif dibutuhkan,” sambungnya.

Lutfi melihat, industri kreatif yang bisa dipacu diantaranya, soal desain. Anak muda menampilkan desain menarik untuk fashion ataupun kemasan makanan. Tampilan fashion lebih mendukung kawula muda. Desainnya menampilkan kekhasan Lombok namun juga bikin anak muda bangga. Sementara kemasan makanan, packaging dibuat lebih menarik dan mengundang penasaran.

“Ini semacam kolaborasi pelaku usaha dengan industri kreatif. Pasarnya itu wisatawan,” bebernya.

Selain desain, kata Lutfi, industri kreatif juga bisa menyasar karya fotografi dan video. Bekerja menampilkan sudut-sudut wisata di Pulau Lombok dalam foto dan video yang lebih etnik. 

“Pasaran jualan untuk calon wisatawan mancanegara. Bisa langsung nanti merangkap pemandu wisata,” imbuhnya.

Selain itu, Cucu Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid ini melihat, industri kreatif yang bisa digarap anak muda adalah bidang event. Pulau Lombok baru saja mengalami gempa, kondisi masyarakatnya tengah bangkit.

“Acara-acara kreatif yang dihadirkan menampilkan kebangkitan daerah. Kemasannya dibuat milenial, saya pikir sponsor akan banyak tertarik,” ujarnya.

Lutfi menambahkan, kreativitas ini tak hanya anak muda secara umum, para santri selain dibekali ilmu agama, perlu dibekali skill di dunia kreatif. Perkembangan ini, sejalan dengan program pemerintah yang terus memacu industri kreatif. 

“Saya sendiri akan menginisiasi kelompok-kelompok anak muda kreatif. Saling transfer pengetahuan dan ilmu dunia kreatif,” tandasnya.

“Sehingga ketika Lombok makin berkembang, SDM anak muda sudah siap,” imbuhnya.(ary)

Tags: Industri Kreatif, Nasdem, Politik

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 shares