Rumah ED Walhi NTB Diserang

Loteng,GARISDEPAN-Tindakan intimidatif dialami oleh Eksekutif Daerah Walhi NTB Murdani. Senin (28/1) kediamannya didatangi orang tak bertanggung jawab. Aksi pelaku Pukul 03.00 Wita membakar rumahnya.

“Api baru bisa dipadamkan setelah 45 menit. Ini preseden buruk bagi pejuang lingkungan,” kata Murdani melalui keterangan tertulisnya.

Murdani menduga, pembakaran ini terjadi akibat sikap kritis dari Walhi NTB. Beberapa waktu terakhir aktivis Walhi cukup kencang mengkritik soal tambang. Ada dugaan pelaku pembakaran adalah perintah dari pengusaha tambang yang risih dengan kritik dari Walhi NTB.

“Ancaman kepada saya ini karena sikap kritis pada pembangunan yang mengabaikan lingkungan,” akunya.

Atas serangan ini, lanjutnya, Walhi NTB mengecam keras. Kejadian ini menimpa aktivis lingkungan ditengah komitmen dari negara melindungi dan menghormati serta pemenuhan HAM melalui peraturan perundang-undangan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1999 tentang HAM. Serta Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Kami mengecam kejadian ini. UU HAM dan UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menjamin HAM setiap warga termasuk aktivis lingkungan hidup,” tandasnya.

Murdani mendesak supaya kepolisian segera mengambil langkah cepat, mengungkap pelaku pembakaran. Segera menggali motif dari tindakan tak bertanggung jawab tersebut.

“Aparat kepolisian harus segera mengusut tuntas dan menangkap pelaku serta dalang dibalik pembakaran ini,” lanjutnya.(kun)

Tags: Aktivis Lingkungan, Murdani, Pembakaran, Politik, Walhi NTB

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 share